Senin, 23 Juli 2012

10 Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan

Ternyata banyak sekali manfaat buah apel yang biasa kita makan sehari - hari sebagai pencuci mulut.
Dibawah ini ada 10 manfaat buah apel yang dapat dijadikan referensi untuk mencegah beberapa penyakit.


1.     Menjaga kadar gula darah stabil.
Buah apel memiliki kandungan serat tinggi, hingga mencapai 20% dari kebutuhan harian jika Anda mengkonsumsi 1 buah. Struktur daging buah yang keras membuat Anda harus mengunyahnya dengan telaten dan perlahan serta agak lama. Ini membuat otak memberi sinyal kenyang pada pencernaan, dan mengurangi nafsu makan. Selain itu serat yang tinggi pada apel membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan begitu kadar gula darah dapat dijaga agar stabil, sehingga Anda bisa dari Gejala Diabetes.
2.     Menjauhkan resiko asma.
Buah apel yang dikonsumsi oleh ibu hamil, ternyata membantu pertumbuhan paru-paru bayi sempurna. Ini menurunkan resiko terjadinya penyakit asma pada sang bayi. Pada paru-paru orang dewasa pun apel melindungi dari resiko kanker paru dengan menguatkan organ pernafasan tersebut.
3.    Menurunkan kolesterol.
Zat pektin dan polifenol dalam apel terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol. Terutama polifenol yang terdapat dalam kulit apel, 2 sampai 6 kali lebih banyak dibanding dagingnya.
4.    Mencegah kanker.
Kanker mulut, kanker paru, usus besar, payudara, dll dapat diminimalisasi kemungkinan munculnya dengan mengkonsumsi apel. Ini karena antioksidan tinggi yang dikandungnya.
5.    Menigkatkan Daya Ingat.
Produksi asetilkolin meningkat dengan konsumsi apel. Itu adalah zat kimia yang berfungsi menghubungkan sel syaraf otak, sehingga menurunkan resiko Alzheimer, dan membuat kondisi otak sehat. Dengan itu, Anda bisa tetap pintar dan terhindar dari kepikunan.
6.  Menghindarkan dari Penyakit Stroke
Berdasarkan sebuah penelitian di Belanda untuk mengetahui manfaat buah apel yang diterbitkan oleh Journal of American Heart Association. Membuktikan bahwa para peneliti berhasil menemukan fakta jika makan banyak buah dan sayuran dengan daging berwarna putih dapat menghindarkan kita dari pernyakit stroke.

7. Melindungi tulang
Penelitian di Perancis menemukan bahwa flavonoid yang disebut phloridzin yang terkandung pada apel bermanfaat untuk melindungi wanita pasca-monopause dari masalah osteoporosis, dan meningkatkan massa tulang. Boron, kandungan lain dari apel yang juga berfungsi untuk memperkuat tulang.
8. Mengurangi berat badan
Studi di Brazil menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah apel atau pir setidaknya 3 sehari selama diat akan lebih cepat menurunkan berat badan, dibandingkan mereka yang tidak memasukkan buah-buahan dalam menu diet.
9. Menjaga kesehatan gigi
Apel juga mengandung tanin, zat yang bermanfaat mencegah kerusakan gigi periodontal. Penyakit gusi itu disebabkan saling menempelnya bakteri pembentuk plak. Itu menurut Journal of American Dental Association (1998).
10. Mencegah Al-zeimer

Studi yang dilakukan oleh Universitas Cornell menemukan bahwa kandungan quercetin pada apel akan melindungi otak dari radikal bebas yang membahayakan dan memicu penyakit Al-zheimer.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar