Rabu, 11 April 2012

Manfaat Daun Ketapang

Ketapang merupakan pohon berakar tunggang yang gampang hidup tumbuh dengan cepat . Pertumbuhan ranting yang menyebar keluar dan daunnya yang lebat membuat pohon ini kerap dijadikan pohon untuk penghijauan di pinggir jalan.
Dalam bahasa inggris tumbuhan ini dikenal dengan nama-nama Bengal almond, Indian almond, Malabar almond, Singapore almond, Tropical almond, Sea almond, Beach almond, Talisay tree, Umbrella tree, dan lain-lain.
Selain sebagai pohon penghijauan, daun ketapang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pewarna hitam, menyamak kulit dan juga untuk membuat tinta. Sedangkan untuk para penggemar ikan cupang daun ketapang dimanfaatkan untuk pengobatan dan perawatan. Dengan memasukkan daun ketapang yang kering ke dalam air yang berisi ikan cupang akan membuat ikan cupang terhindar dari berbagai macam penyakit karena daun ketapang ini diyakini dapat membunuh bakteri yang ada di air.
Ketapang yang mengering dapat melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, yang dapat menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air yang nyaman bagi ikan.
Selain itu air yang berisi daun ketapang dapat membuat sirip ikan cupang lebih indah dan menghindari sirip sobek atau keriting.Tetapi terlalu banyak pemberian daun ketapang kering kedalam air dapat membuat pH semakin rendah. Maka sesuaikanlah pemakaian ketapang kering agar memberikan efek yang optimal kepada ikan.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar